Home / Tips Saat Hamil / Tips Perawatan tubuh saat hamil

Tips Perawatan tubuh saat hamil

Bagi para ibu yang sedang hamil hendaknya mengetahui perawatan tubuh saat hamil sangatlah penting. Walaupun dalam kondisi hamil bagi para ibu haruslah memperhatikan tubuh agar tak tampak lelah, lesu dan sebagainya. Perawatan tubuh saat hamil terkadang tidaklah penting anggapan dari sebagian wanita, namun anda harus mengetahui saat hamil pun tubuh haruslah tetap dirawat. Di bawah ini terdapat beberapa tips perawatan tubuh saat hamil, diantaranya;

  • Perawatan kebersihan tubuh dan payudara.

Dibagian tubuh anda harus perhatikan kebersihan payudara dan tubuh dengan mandi secara teratur dua kali dalam sehari. Hal ini sangat penting dilakukan untuk kulit sehat dan peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Pada masa kehamilan tentunya pembesaran ukuran payudara membuat ibu sedikit kurang nyaman pada awal kehamilan hingga menjelang akhir kehamilan jadi gunakan Bra yang ukurannya disesuaikan dengan payudara semasa hamil.

  • Kebersihan tangan

Bagi wanita yang sedang hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kuku dengan selalu mencuci tangan setiap kali selesai melakukan pekerjaan dan sebelum makan. Hal kecil ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terserang diare yang terkadang disebabkan hal yang remeh dan sepele. Tetapi bisa berbahaya untuk ibu hamil. Karena badan menjadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna. Serta hindari bermain dengan binatang peliharaan seperti kucing, kelinci dan unggas lainnya yang dirasa kurang higienis, sebab menurut penelitian beberapa binatang menjadi inang penyebar beberapa penyakit yang cukup berbahaya khususnya bagi wanita yang sedang hamil.

  • Kebersihan daerah alat kelamin.

Salah satu perawatan tubuh saat hamil adalah kebersihan kelamin sangatlah perlu untuk diperhatikan karena kuman bisa masuk lewat alat kelamin yang menyebabkan terjadinya infeksi. jadi biasakan membersihkan daerah alat kelamin dengan benar. cuci dengan air yang bersih dari arah depan alat kelamin baru bagian ke belakang daerah dubur. Sering mengganti pakaian celana dalam. Mengenakan celana dalam yang berbahan katun dan longgar. Menjaga agar celana dalam selalu kering dan bersih.

  • Latihan fisik dan olahraga

Jika tidak ada larangan dari dokter atau bidan untuk melakukan senam hamil, hal ini penting dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul, meningkatkan daya tahan tubuh dan melatih pernafasan serta memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

  • Perhatian khusus daerah kaki

Untuk bagian kaki bagi ibu hamil hendaknya menghindari memakai sepatu bertumit tinggi. Disarankan Ibu hamil sebaiknya menggunakan sepatu yang tidak bertumit tinggi agar tidak terjadi pembendungan pembuluh darah pada daerah kaki. Karena ini juga dapat berpengaruh pada kehamilan. kemudian Pada saat tidur atau berbaring usahakan tungkai kaki selalu dalam posisi lebih tinggi agar peredaran darah lancar.

Hal-hal diatas merupakan perawatan tubuh saat hamil yang dapat anda lakukan. Ketika hamil bukan berarti kita tidak peduli dengan tubuh justru kita sebagai wanita harus memperhatikan tubuh serta melakukan perawatan tubuh saat hamil dengan benar. Semoga bermanfaat

About tipsadmin

Check Also

Manfaat Berpuasa dan Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Seperti yang kita ketahui, menjalan puasa Ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim, termasuk juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *