Home / Nutrisi Ibu Hamil / Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil Muda

Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil Muda

Nutrisi seimbang ibu hamil

Nutrisi untuk ibu hamil muda sangat amat penting untuk di perhatikan, terdapat sebuah penelitian yang menyatakan jika ibu hamil yang memperoleh konsumsi gizi yang cukup sejak dini atau sejak janin masih muda yang berada di dalam kandungan, maka hal tersebut akan mewujutkan sebuah impian untuk memiliki bayi yang sehat, serta menghasilkan air susu ibu yang berkualitas yang penuh dengan manfaat. Berikut ini adalah beberapa nutrisi untuk ibu hamil muda yang harus di penuhi untuk mendapatkan sang janin yang sehat, serta ibu hamil yang sehat pula.

di bawah ini sebagian nutrisi untuk ibu hamil muda

  • Karbohidrat Peranan karbohidrat dalam tubuh tentunya sangat penting, mengingat tubuh ibu hamil membutuhkan kalori untuk pertumbuhan janin yang terdapat di dalam perutnya. Kalori juga dibutuhkan untuk hal hal lainnya, contohnya seperti pembentukan plasenta, pembuluh darah, serta untuk daya tahan tubuh seorang ibu hamil tersebut.
Nutrisi seimbang ibu hamil
  • Protein seorang ibu hamil muda membutuhkan protein, dimana protein tersebut dibutuhkan sepanjang kehamilan dengan jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. perihal ini karena protein dibutuhkan untuk perkembangan jaringan tubuh pada janin sehingga janin dapat tumbuh di dalam janin. Tidak hanya janin saja, namun ibu hamil juga memerlukan lebih kurang 75 gram protein per hari, jumlah tersebut 25 gram lebih banyak jika dibandingkan kandungan protein yang dibutuhkan hari hari sebelumnya.
  • Folat atau yang lebih dikenal dengan asam folat, Asam folat adalah adalah sebuah vit. B, dimana vit B tersebut fungsi mutlaknya pada sebuah perubahan embrio. kandungan folat juga menghindarkan terjadinya kecacatan pada tubuh janin maupun mental janin.
  • Zat besi, kandungan zat besi diperlukan untuk tubuh seorang ibu hamil muda, karena nutrisi untuk ibu hamil muda tersebut sangat membutuhkan zat besi. Kandungan zat besi tersebut dapat menghasilkan kandungan hemoglobin, yakni kandungan protein yang terdapat pada sel darah merah. Zat besi ini mampu mengatasi rasa lelah yang terjadi pada seorang ibu hamil, dan zat besi ini dapat didapatkan dari berbagai jenis kacang kacangan.
  • Kalsium, kandungan kalsium yang sangat terkenal berada di dalam kandungan susu perannya sangat penting juga. Para ahli menyarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi kandungan kalsium hingga 30 mg setiap harinya, dan kandungan kalsium tersebut terdapat di dalam susu kandungan kalsium tersebut bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi janin, sehingga dapat tumbuh dan sehat.

Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Asupan vitamin juga menjadi kebutuhan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. Adapun vitamin yang diperlukan di masa kehamilan meliputi:

Nitrisi saat hamil
  • Vitamin A untuk kesehatan kulit dan mata serta pertumbuhan tulang. Sumber vitamin A antara lain wortel, sayuran hijau, dan umbi-umbian.
  • Vitamin C untuk kesehatan gigi, gusi, dan tulang, serta membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C antara lain buah sitrus, brokoli, tomat.
  • Vitamin B6 untuk pembentukan sel darah merah, untuk efektivitas manfaat protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin B6 bisa didapat dari sereal, biji-bijian utuh seperti gandum, dan buah pisang.
  • Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging, ikan, dan susu.
  • Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi serta membantu penyerapan kalsium. Sumber vitamin D antara lain susu, sereal, dan roti.

Masih banyak lagi nutrisi untuk ibu hamil muda yang tentunya dibutuhkan. Berbagai macam vitamin pun tidak lepas dari kebutuhan seorang ibu hamil muda. Untuk anda yang sedang menghadapi masa masa kehamilan muda, maka kandungan nutrisi sangat penting untuk diperhatikan. Anda dapat melihat beberapa nutrisi untuk ibu hamil muda yang telah disebutkan dan dijelaskan sebelumnya.

About tipsadmin

Check Also

PENTING, Gerakan Senam Sehat Untuk Ibu Hamil

Gerakan Senam hamil Yang perlu Diperhatikan Gerakan senam untuk ibu hamil (Prenatal Exercises)– Kehamilan merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *