Home / Kesehatan Ibu Hamil / Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Waspadai Anemia Pada Ibu Hamil

Pada umunya anemia pada ibu hamil disebabkan karena meningkatnya kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan janin. Biasanya juga Anemia terjadi karena pola makan terganggu saat masa kehamilan. Selain itu juga ditemukan bahwa jumlah cadangan zat besi pada wanita hamil sangat kurang akibat menstruasi atau persalinan yang terjadi sebelumnya. Dalam hal ini untuk mencegah dan menangani anemia pada ibu hamil, adapun bebrapa cara yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan asupan makanan tinggi zat besi seperti makanan hewani; kacang-kacangan; dan sayuran hijau. Selain itu juga imbangi pola makan sehat dengan mengonsumsi vitamin serta suplemen penambah zat besi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perlu diketahui Anemia pada ibu hamil bukanlah hal yang dianggap sepele, karena ini dapat beresiko fatal pada ibu hamil seperti; keguguran, persalinan yang lama, pendarahan pasca melahirkan, bayi lahir prematur, bahkan ada kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan.

Perhatikan asupan gizi yang dapat mengatasi anemia

Untuk itu dibawah ini terdapat beberapa cara mengatasi anemia pada ibu hamil, yaitu;

  • Pertama-tama kenali dahulu gejala anemia.

Biasanya gejala anemia yang terasa seperti cepat lelah, badan sering terasa lesu dan kurang bergairah, mudah mengantuk, mata berkunang-kunang, kepala sering pusing bahkan sering merasa limbung rasanya ingin pingsan.

  • Lakukan pemeriksaan hitung darah lengkap.

Dalam hal ini anda harus melakukan pengecekan darah, apabila sel darah merah rendah, berarti anda mengalami anemia.

  • Dengan rajin melakukan konsultasikan ke dokter anda dapat mengetahui apakah terdeteksi

anemia, dokter akan segera memberikan obat atau vitamin yang berguna untuk menangani anemia. 

  • Perhatikan pola diet selama mas kehamailan.

Bagi anda yang suka melakukan program diet, dalam masa kehamilan diet perlu dikurangi, khusunya bagi penderita anemia. Karena perubahan pada pola makan dapat membawa pengaruh buruk pada jumlah sel darah merah yang dapat menyebabkan anemia.

  • Memperbanyak Makanan zat besi

karena fungsi zat besi adalah untuk mengikat oksigen dalam darah. apabila kekurangan zat besi akan mengakibatkan ibu hamil mengalami gejala kurang darah, seperti pusing, lemas, pucat dan sebagainya.

  • Meningkatkan Penyerapan zat besi

Tentunya ada beberapa makanan mengandung zat besi, namun sulit diserap oleh tubuh, seperti nabati. Dalam membantu meningkatkan penyerapan zat besi, ibu hamil disarankan untuk  memperbanyak konsumsi makan yang mengandung vitamin C seperti; buah kiwi, jeruk, stroberi, pepaya, dan brokoli.

  • Batasi konsumi teh 

Bagi ibu yang sedang hamil yang menderita anemia biasanya akan mendapat suplemen penambah darah dari dokter. Agar penyerapan zat besi tak terganggu, sebaiknya memberikan jarak konsumsi dengan makanan-makanan yang menghambat.

Pilih makanan yang kaya zat besi

Bagi ibu hamil kesehatans sangatlah penting untuk diperhatikan, khususnya bagi yang menderita anemia. Diatas merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Semoga bermanfaat

Check Also

Harus Baca, Tips Mempersiapkan Kehamilan Yang Sehat

Perludi ketahui kehamilan yang sehat tentunya dipengaruhi bagaimana mempersiapkan kehamilan. Dalam hal ini wanita harus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *