Home / Tips Saat Hamil / AJAIB..!!! Hanya dengan melakukan hal sesimpel ini ternyata bisa bikin anakmu jadi jenius.

AJAIB..!!! Hanya dengan melakukan hal sesimpel ini ternyata bisa bikin anakmu jadi jenius.

Musik Klasik Untuk Ibu Hamil MudaTahukah anda bahwa musik klasik ternyata memiliki pengaruh positif untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Musik jenis ini dapat merangsang janin sejak dalam kandungan. Jika jenis rangsangan dari musik klasik diberikan secara terus menerus, maka dapat memacu kecerdasan janin. Musik klasik dapat merangsang kecerdasan dari otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas, bahasa, seni sosialisasi dan kepribadian. Selain itu musik klasik juga dapat merangsang sistem pendengaran yang bersifat baik bagi janin.

Jenis musik seperti karya dari Mozart atau Bach dapat merangsang perluasan volume otak besar seorang janin, serta menambah aktivitas utama urat syaraf dan membantu proses rangsangan imajinasi abstrak dari pertumbuhan anak secara normal. Rangsangan yang diberikan secara berkala pada janin seperti musik klasik yang bersifat ringan, lembut serta adanya bisikan seorang ibu atau ayah dapat meningkatkan syaraf perasa janin dan meningkatkan pertumbuhan lapisan kulit otak besar yang berfungsi sebagai pondasi pengembangan kebijaksanaan.

Kondisi emosional seorang ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin yang berada dalam kandungannya. Salah satu hal yang dapat mengurangi stres pada ibu hamil yaitu dengan mendengarkan musik klasik.

Pengaruh Musik Klasik Bagi Ibu HamilDari hasil penelitian, ilmuwan Spanyol menemukan bahwa janin dapat membedakan baik dan buruknya sebuah musik walaupun mereka masih berada dalam kandungan sang ibu. Bayi dengan umur 12 minggu dalam kandungan, cenderung menyukai musik klasik karya Mozart, Vivaldi, Bach dan yang lainnya. Musik klasik jenis ini bersifat ringan, lembut, indah, dengan harmoni tinggi.

Pada manfaat yang lain musik klasik dapat menenangkan bayi yang terlahir dini atau prematur. Biasanya bayi yang lahir prematur mengekspresikan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman melalui perbuatan dan mimik wajah, bahkan terekspresikan dengan detak jantung yang bertambah cepat dan tidak teratur. Akan tetapi, ketika mereka mendapat rangsangan musik klasik, ada tipe perubahan yang sangat jelas, hal ini dapat diamati melalui kelakuan bayi yang terlahir prematur dengan ekspresi wajah serta detak jantung yang kembali teratur dan dengan kecepatan yang kembali normal.

Sebuah penelitian di Inggris mencoba untuk memperdengarkan sebuah lagu kepada janin yang berada dalam usia 20 minggu. Setelah 2-3 minggu bayi tersebut lahir, para ilmuan berusaha untuk menguji respon dari bayi tersebut melalui musik. Hasilnya, bayi bisa mengingat lagu yang ia dengarkan saat didalam kandungan dan membuatnya menjadi lebih tenang saat musik tersebut diperdengarkan kembali. Hal ini semakin menegaskan bahwa pada janin yang dikandung sudah berkembang ingatan jangka panjang.

Lagu klasik untuk ibu hamil bisa didengarkan dengan cara menempelkan earphone pada sisi kiri dan kanan perut, kemudian atur tingkat volume yang cukup didengarkan oleh janin saja. Cara ini sangat bagus dilakukan saat malam hari sekitar pukul 8, karena bayi masih melakukan aktifitas dan diharapkan bisa tertidur dengan tenang saat mendengarkan lagu klasik. Musik klasik itu sendiri sangat baik jika diperdengarkan ketika janin memasuki usia 3 minggu, karena telinga sudah mulai terbentuk dan akan semakin sempurna pembentukannya ketika memasuki usia 24 minggu.

Musik Klasik Terbaik Untuk Ibu HamilDari sekian banyak musik klasik, gubahan Mozart (1756-1791) adalah jenis musik yang paling disarankan sebagai musik klasik untuk ibu hamil. Beberapa penelitian memberikan bukti bahwa musik klasik jenis gubahan Mozart memberikan manfaat atau dampak paling positif bagi perkembangan janin dalam kandungan ibu dan anak-anak. Penelitian ini dilakukanan oleh peniliti Dr. Alfred Tomatis dan Don Campbell yang mereka istilahkan dengan Efek Mozart. Selain itu musik karya Mozart ini mampu merangsang dan memberdayakan zona kreatif dan motivatif otak. Hal ini disebabkan karena komposisi yang disusunnya memiliki keteraturan bunyi yang pernah dialami bayi selama dalam kandungan. Semoga bermanfaat

About tipsadmin

Check Also

Tips Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

WOW ..!! Ngga banyak yang tahu, ternyata ini cara mudah Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Mual dan muntah merupakan hal yang kerap dialami pada saat kehamilan. Rasa mual dan muntah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *