Home / Tips Saat Hamil / Makan Durian Saat Hamil Aman ngga Yaa??

Makan Durian Saat Hamil Aman ngga Yaa??

Bolehkan ibu hamil makan durianSelama ini masyarakat kerap beranggapan bahwa buah durian merupakan pantangan bagi ibu hamil, karena mengonsumsi durian selama kehamilan dapat mengakibatkan bayi akan merasa kepanasan. Seorang ahli kebidanan dr. Binsar Ricky H Sitompul, SpOG (dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Hermina Daan Mogot Jakarta) menjelaskan bahwa buah durian sebenarnya tidak memiliki dampak atau efek langsung pada ibu hamil. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait dengan konsumsi durian pada wanita hamil.

Pada dasarnya, buah durian mengandung berbagai macam zat gizi seperti  Dua zat yang terkandung dalam buah durian yaitu asam arachidonat dan alkohol adalah zat yang dapat membahayakan ibu hamil jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak. Mengapa demikian? Inilah jawabannya :

  • Asam arachidonat adalah senyawa prekursor atau senyawa pencetus pembentukan prostaglandin (hormon yang dapat merangsang kontraksi rahim). Apabila prostaglandin tinggi, maka dapat mengakibatkan terjadinya keguguran (pada trimester pertama) atau kelahiran dini/kelahiran prematur (kehamilan di bawah 36 minggu).
  • Alkohol dapat mengakibatkan gangguan terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, sehingga dapat menyebabkan keguguran, berat badan lahir rendah maupun bayi lahir cacat.
  • Selain dua zat di atas, kandungan glukosa dan kolesterol yang tinggi dalam durian juga dapat berbahaya bagi ibu hamil. Kadar glukosa yang tinggi tentu dapat menyebabkan diabetes, hal ini berbahaya bagi ibu hamil karena diabetes bisa memicu komplikasi kehamilan dan komplikasi saat proses persalinan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam durian juga berdampak buruk bagi ibu hamil, karena kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Ibu Hamil Makan Durian BolehkahNamun demikian, mengonsumsi buah durian saat hamil bukanlah sesuatu yang sangat “diharamkan”. Buah durian aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama buah tersebut masih dalam keadaan segar, bersih serta dengan porsi konsumsi yang tidak berlebihan. Lalu, seberapa banyak buah durian yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya yaitu tidak lebih dari 4 butir daging buah durian dan tidak dikonsumsi secara sering, serta dalam mengonsumsinya perlu dibarengi dengan meminum air putih yang banyak.

Mengonsumsi buah durian dalam porsi yang tidak berlebih nyatanya dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat buah durian bagi ibu hamil :

  1. Potasium yang cukup banyak dalam buah durian sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan tubuh, menyeimbangkan tekanan darah ibu hamil dan mampu mengatasi pembengkakan yang terjadi pada anggota tubuh ibu hamil seperti kaki dan lengan.
  2. Zat besi dalam buah durian dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.
  3. Asam folat bermanfaat untuk perkembangan sel syaraf janin dan membentuk sel darah merah yang berkualitas.
  4. Asam amino triptofan dapat menjaga kesehatan sel syaraf dan mengurangi gangguan insomnia
  5. Zinc, Fosfor, Magnesium dan Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan organ mata, kulit, menjaga fungsi otot dan saraf, mengatur tingkat kadar gula dalam darah dan meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang dan sendi pada ibu hamil.

Ibu Hamil Makan Durian Boleh TidakMengonsumsi produk olahan yang mengandung durian juga tentu diperbolehkan. Hanya saja, yang perlu diperhatikan yaitu cara pengolahan, bahan utama dan bahan tambahan makanan yang turut serta dalam pengolahan produk durian tersebut.

Jadi, selama ibu hamil tidak berlebihan dalam mengonsumsi durian baik jumlah dan waktu mengonsumsinya maka tidak berakibat terhadap janin yang dikandungnya. Demikian juga halnya dengan makanan produk olahan makanan yang mengandung durian. Maka jika ada pertanyaan “Boleh kah ibu hamil makan durian?” Tentu saja dibolehkan jika sesuai dengan aturan yang telah kita bahas sebelumnya. Semoga bermanfaat

About tipsadmin

Check Also

Tips Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

WOW ..!! Ngga banyak yang tahu, ternyata ini cara mudah Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Mual dan muntah merupakan hal yang kerap dialami pada saat kehamilan. Rasa mual dan muntah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *