Home / Nutrisi Ibu Hamil / Ibu Hamil Wajib Tahu Tentang Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Penting

Ibu Hamil Wajib Tahu Tentang Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Penting

Kebutuhan nutrisi ibu hamil tentunya harus di cukupi, sebab ketika seorang sedang mengandung atau hamil membutuhkan nutrisi lebih untuk sang janin yang berada di dalam kandungannya. Ketika kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tidak terpenuhi, tentunya hal tersebut akan menimbulkan efek yang akan membahayakan untuk sang janin, dan pada ibu hamil itu sendiri. Ketika anda sedang mengalami masa masa kehamilan, tentunya anda harus pandai pandai dalam memilih asupan makanan,sehingga tubuh anda dapat sehat dan janin pun dapat tumbuh sehat seperti apa yang anda inginkan.

Kandungan kalori

Sumber Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan gizi dan nutrisi seorang ibu hamil benar benar penting untuk diketahui, karena hal tersebut berpengaruh pada pertumbuhan janin yang terdapat di dalam kandungan, karena itu menuntut seorang ibu hamil untuk semakin meningkatkan asupan makanan yang mengandung banyak gizi dan nutrisi. Berikut ini adalah beberapa kebutuhan nutrisi ibu hamil yang penting untuk diketahui:

Kandungan Kalori

Untuk seorang yang sedang mengandung kebutuhan kalorinya akan semakin meningkat. Seorang yang sedang mengandung membutuhkan peningkatan kalori hingga mencapai 300 hingga 500 kkal dari kebutuhan harian normal wanita ketika tidak sedang hamil. Seorang ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan kalori tersebut dari berbagai jenis makanan sehat,contohnya seperti umbi umbian, serta dapat juga bersumber dari nasi. Untuk anda yang sedang mengandung maka harus memperhatikan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut.

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat

Ketika berbicara tentang asam folat tentunya kandungan ini sangat baik untuk sang janin yang sedang berada di dalam kandungan. Asam folat dibutuhakan oleh janin untuk tubuh dan terhindar dari kecacatan baik mental maupun fisik. Untuk kandungan asam folat yang dibutuhkan oleh sanga janin hingga mencapai 400 mikrogram setiap harinya, dan ketika kandungan tersebut tidak di dipenuhi maka janin akan mengalami kekurangan kandungan asam folat, hal tersebut akan berimbas kepada pertumbuhan janin yang tidak normal.

Kandungan protein

Protein, yah protein tentunya sangat penting untuk siapapun, termasuk seorang ibu hamil. Kebutuhan nutrisi ibu hamil akan kandungan protein ini harus dipenuhi, mengingat protein adalah kandungan sumber kalori yang dapat juga digunakan sebagai zat pembangun. Seorang ibu hamil membutuhkan kandungan protein hingga mencapai 60 gr setiap harinya, dan kandungan tersebut dapat didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti kacang kacangan, makanan yang berasal dari kedelai, susu dan lain lainnya.

Selektif memilih menu makanan yang sesuai untuk ibu hamil

Masih banyak lagi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang di butuhkan, baik untuk pertumbuhan sang janin yang berada di dalam kandungan, maupun untuk sang ibu yang sedang mengandung tersebut. Untuk anda yang sedang mengandung, maka anda tentunya harus memperhatikan kebutuhan nutrisi ibu hamil yang di butuhkan, sehingga anda akan menjadi lebih sehat begitupun dengan calon buah hati anda, mereka dapat tumbuh dan berkembangdengan normal.

About tipsadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *