Home / Tips Saat Hamil / BAHAYA…!! Begini kalau memilih baju hamil yang salah.

BAHAYA…!! Begini kalau memilih baju hamil yang salah.

Bagi para ibu saat memasuki masa hamil tentunya perut akan semakin membesar, hal ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebagai tips memilih baju hamil. Tentunya anda tidak perlu khawatir akan style pakaian dalam memilih baju hamil dan tak perlu takut untuk kalah style dengan orang lain yang tidak hamil. Malah ketika sedang hamil akan ada daya tarik tersendiri dari diri anda, namun ada trik tersendiri supaya penampilanmu tetap oke saat hamil dan bukanya malah beresiko karena salah memilih baju hamil. Nah berikut ini adalah tips-tips agar anda tidak salah memilih baju hamil yang modis:

Tips Umum

  1. Memilih Baju Ibu Hamil

Utamakan kenyamanan dalam memilih baju hamil. Sesuaikan dengan selera Anda pribadi. Jika memang Anda tidak merasa nyaman mengenakan baju terusan panjang pada saat sebelum hamil, tidak perlu memaksa diri untuk membeli baju seperti itu hanya dengan anggapan bahwa semua ibu hamil mengenakannya.

 

Selama hamil metabolisme anda lebih tinggi dari pada biasanya, anda akan merasa gerah dan banyak berkeringat, oleh karena itu pilihlah baju hamil dari bahan-bahan alami, Pilih bahan bahan yang dingin seperti katun lebih nyaman dipakai daripada bahan sintetik, bahan tenunan dan pakaian longgar juga akan membuat anda merasa sejuk  maka tubuh anda akan terasa lebih hangat. Kini telah banyak model pakaian hamil yang menarik.

Belilah baju hamil yang terasa nyaman saat dikenakan dan memiliki bahan yang berkualitas. Ingat, koleksi baju hamil Anda tidak akan sevariatif baju biasa, jadi Anda akan sering mengenakannya. Untuk itu, tidak masalah keluar uang lebih banyak untuk satu baju, daripada akhirnya Anda harus membeli beberapa baju lagi karena yang sebelumnya terasa kurang nyaman.

Bila pandai menjahit, anda pun bisa membuatnya sendiri. Kini juga telah banyak dijual celana panjang bertali, baju kimono, baju tanpa pinggang dan jubah, memang semua itu bukan jenis baju hamil, namun cukup ideal untuk dikenakan saat dan seusai hamil. Bila anda merencanakan untuk menyusui sendiri, cari pakaian yang mudah dibuka dan dicuci.

 

2. Memilih Sepatu ibu Hamil

Ligamen, jaringan pengikat sendi, kaki anda pun melunak dan meregang di saat hamil, sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, sehingga sebaiknya carilah sepatu yang sesuai. Berdiri terlalu lama juga akan membuat kaki anda tegang, jadi usahakan untuk duduk kapan pun anda sempat. Kehamilan dapat membuat keseimbangan Anda menjadi kurang baik dan tubuh akan cenderung condong ke depan. Gunakan sepatu bertumit rendah atau tanpa tumit, dan hindari yang bertumit runcing, karna mudah membuat jatuh. Pada kehamilan akhir pakailah sepatu berukuran setengah nomor lebih besar, terutama bila kaki anda membengkak

3. Stocking dan Celana Ketat

Jangan menggunakan stoking berkaret elastis, yang bisa mengganggu aliran darah di kaki dan menyebabkan varises. Menggunakan stoking atau legging sebelum meninggalkan tempat tidur dapat mencegah terjadinya varises. Pakailah open guest atau legging satuan bila anda menderita infeksi vagina. Usahakan selalu membeli legging hamil satu nomor lebih besar dari yang biasa, karena ukuran yang sama bisa membuat anda tersiksa. Gunakan pula celana hamil yang memiliki penyangga perut cukup elastis, berbahan katun dan fleksibel.

4. Pakaian Dalam

Celana dalam khusus untuk ibu hamil sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Anda cukup membeli beberapa celana dengan bahan yang nyaman dipakai dan dengan ukuran yang lebih besar. Katun akan lebih baik untuk semua pakaian dalam, terutama bila anda banyak berkeringat, selain itu juga dapat mencegah timbulnya infeksi vagina. Pemilihan bra saat hamil juga diperlukan, pada kehamilan akhir anda membutuhkan bra dua nomor lebih besar dari yang biasa, selain itu lingkar dada akan membesar sekita 8 hingga 10 cm.

Pakaialah yang enak di tubuh anda, jangan membeli tanpa mencobanya lebih dulu. Bra harus membantu menahan payudara tanpa menekan puting, dan talinya harus cukup lebar sehingga tidak menyakiti bahu anda. Tali bra elastis sebaiknya tidak dipakai karena kurang bisa menahan dengan baik. Payudara tidak berisi jaringan otot, sehingga bila mengendur selama kehamilan, tidak akan dapat kembali seperti semula. Bra yang bagus juga dapat menghindari terjadinya guratan bekas regangan.

Menjelang persalinan, bila payudara anda membesar dan terasa berat,tak ada salahnya memakai bra saat tidur. ada pula bra yang dirancang khusus untuk ibu-ibu menyusui yang dapat dikenakan saat mengandung dan setelah melahirkan. Bagian depannya dapat dibukan untuk menyusui, sedang bagian belakangnya dapat disesuaikan sesuai dengan lingkar dada anda. Sebaiknya, saat menysusui hindari bra yang tak dapat dibukan seluruh payudara, bukan hanya puting dan jaringan disektiarnya, menjadi aktif saat menyusui, dan bra berpenutup di depan, bisa menahan aliran ASI

5. Asesoris

Gunakan aksesoris yang dapat membuat anda semakin terlihat menarik. Untuk aksesoris anda dapat menambahkan selendang, atau apapun yang dapat mengalihkan perhatian orang pada perut anda.

  • Tips Memilih Pakaian Hamil Sesuai Usia Kandungan 
  1. Memilih pakaian hamil pada trimester awal (1 – 3 bulan)

Usia kehamilan 1 – 3 bulan belum menunjukan bentuk perut yang terlalu besar sehingga Anda masih bisa menggunakan celana jeans ketika bepergian. Namun bahan jeans tersebut harus lembut supaya bagian perut tidak lecet. Kemudian untuk pakaian bagian atas Anda bisa menggunakan pakaian yang longgar sehingga nyaman ketika digunakan dalam cuaca yang sedikit panas

2. Memilih pakaian hamil pada trimester kedua (4 – 6 bulan)

Memasuki trimester kedua, kondisi perut akan semakin membesar sehingga sangat dosarankan untuk memilih pakaian dengan ukuran yang sedikit lebih longgar dan hindari pakaian yang terlalu ketat. Anda bisa menggunakan jeans atau legging khusus untuk ibu hamil yang dipadukan dengan atasan berupa blus atau kaos yang sedikit longgar. Dress adalah salah satu pilihan tepat yang bisa Anda gunakan ketika usia kehamilan sudah menginjak trimester kedua. Dress lebih efektif daripada celana karena tidak akan memberikan tekanan terhadap kandungan.

3. Memilih pakaian hamil pada trimester akhir (7 – 9 bulan)

Kondisi perut akan semakin membesarketika memasuki trimester ketiga. Pada periode ini sebaiknya Anda menghindari celana jeans atau legging. Pilihlah pakaian yang longgar seperti dress atau gaun yangmemungkinkan Anda untuk bergerak bebas dan memberi ruang pada perut sehingga tidak memberikan tekanan

Nah itulah beberapa tips dalam memilih baju ketika anda sedang hamil. Sebagai pengetahuian meskipun perut anda membesar ketika hamil, anda tidak perlu berputus asa. Karena sekarang banyak baju hamil yang cantik atau baju hamil muslim yang pas dan tepat untuk digunakan saat hamil. Jadi anda bisa tampil dengan baju hamil modis dan cantik. Anda juga tak perlu  membatasi diri dengan hanya menggunakan baju hamil. Untuk itu gunakanlah pakaian yang anda suka dan nyaman untuk dipakai saat hamil. Jangan memaksakan diri anda untuk menggunakan baju hamil yang modelnya sebenarnya tidak anda sukai hanya karena ingin tampak lebih keibuan. Jadi pilihlah baju berdasarkan tips memilih baju hamil yang kami bagikan diatas. Semoga bermanfaat.

About tipsadmin

Check Also

Nah Ini Ternyata Kesalahan yang Bikin Bayi Lahir Duluan

Apakah anda seorang wanita yang baru saja positif hamil? Jika “Ya”, mari hitung usia kehamilan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *